Monday, July 16, 2012

TES KESAMAPTAAN MADYA PRAJA



Sehubungan dengan program pendidikan praja ipdn yang mengharuskan memenuhi tiga program yaitu pengajaran pelatihan dan pengasuhan. Satuan madya praja IPDN kampus sulawesi selatan sudah melaksanakan UAS dan UAP beserta praktek lapangan 2, untuk memenuhi nilai pengajaran dan pelatihan. Namun untuk mendukung nilai pengasuhan, selain dinilai dari sikap, mental, perilaku dan keaktifan praja di kampus, nilai pengasuhan juga diambil dari tes kesamaptaan. Apa itu tes kesamaptaan? Tes kesamaptaan adalah tes fisik, tentang jasmani yang terdiri dari Lari, Pull Up, Sit Up, Push Up, Dan Shuttle Run.

Dalam tes kesamaptaan ada standarisasi nilai untuk menentukan fisik seorang praja dinilai masih baik atau sudah dibawah standar. Tes kesamaptaan yang dilaksanakan pada hari senin 16 juli 2012 ini diikuti oleh seluruh satuan madya praja kampus ipdn sulawesi selatan. Namun dalam pelaksanaanya untuk lebih efektif, dibagi menjadi dua gelombang. Gelombang pertama dilaksanakan hari senin, dan untuk gelombang kedua dilaksanakan pada hari rabu.

Satuan madya praja terlihat masih semangat mengikuti tes kesamaptaan ini. Ditambah dengan diputarkan lagu yang bersemangat mengiringi tes kesamaptaan madya praja. Perlu diketahui juga bahwa fisik dan kebugaran praja merupakan salah satu yang hal yang penting dalam pendidikan di kampus IPDN. Tes kesamaptaan ini rutin dilakukan setiap tahun untuk mengontrol fisik praja IPDN. Seorang kader pemerintahan selain harus memiliki intelektual juga harus memiliki kesehaan jasmani agar tetap dapat melaksanakan tugas dalam pemerintahan dengan baik.

Fajar tejo nuswantoro

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More