Thursday, April 18, 2013

PEMERINTAHAN BERBASIS WIRAUSAHA





1.    Pemerintahan
Aktivitas yang dilakukan dengan suatu program-program nyata. Aktivitas formal yang disertai regulasi yang jelas. Seperti contoh perubahan produksi dan produktivitas. Semuanya harus diformalkan agar dapat terlaksana dengan peraturan atau Regulasi. Pemerintahan berbasis wirausaha.

2.    Latar belakang terhadapa peran pemerintah
a.    Semakin kompleksnya permasalah-permasalahan di sector public sebagai akibat berkembangnya teknologi informasi.
Dulu kondisinya adalah keterbatasan sarana dan prasarana. Seperti buku yang sangat minim tersedia disekolah-sekolah, inilah yang disebut dengan latar belakang. Harus adanya upaya pemerintah agar menghindari kebobrokan yang terjadi di masyarakat.
Contoh lainnya adalah : di beacukai terdapat alat pengendali teknologi. Ada suatu proteksi dari beacukai. Misalnya adalah tontonan yang tidak patut untuk ditonton oleh masyarakat. Karena tidak sesuai dengan norma masyarakat. Hal tersebut harus dilarang pemerintah karena masyarakat belum mampu menjadi saringan.
Dengan kondsi tersebut seharusnya pemerintah memiliki sistem yang sangat ketat dalam proteksi. Contohnya adalah arab Saudi. Di arab Saudi memiliki system proteksi yang sangat tinggi terhadap tontonan yang ditonton masyarakat. Program televisi diatur dan disesuaikan oleh pemerintah sesuai dengan nilai dan norma-norma yang positif. Disana teknologi dapat dikuasai dan diatur oleh pemerintah. Sementara di indoensia sebaliknya kita lah yang diatur oleh teknologi. Hal tersebut terjadi karena beberapa factor diantaranya :
·            Kita tertalu cepat ingin dikatakan maju
Di Indonesia gengsi masyaraktnya terlalu tinggi. Senang sekali dengan mode dan tidak peduli dengan kualitas
·            Selalu ingin model yang baru
Sehingga menjadi sasaran pemasaran empuk negara yang mengekspor teknologi seperti cina terutama penggunaan HP.
·            Kita terlalu cepat latah dengan keadaan
Sehingga menghalalkan segala cara untuk mendapatkan hal yang baru.

b.    Kenyataan telah membuktikan bahwa monopoli yang dilakukan pemerintah tidak menghasilkan pelayan yang lebih baik, dan adanya tutntutan menyangkut distribusi sumber daya yang lebih baik ditentukan oleh mekanisme yang telah ditetapkan.
Hal-hal yang dimonopoli Negara terkadang tidak selaras dengan kondisi rill yang ada dimasyarakat. Regulasi yang dikeluarkan pemerintah cenderung berasal dari kebijakan personal. Contohnya adalah tentang kebikana kenaikan harga BBM. Kebijakan tersebut ada dua versi, masyarakat yang tidak memahami kenegaraan serta kebijakan akan menetangnya. Sebaliknya jika orang yang mengerti akan setuju.
Tantangannya dalah penyalahgunaan subsidi Bbm. Saat ini tidak adil, karena subsidi kepada semuanya baik yang kaya maupun yang miskin. Semua itu berkaitan dangan Pengetahuan, Skill Dan Attitude, tergantung dengan personalnya. Kabanyakan orang menggunakan Emosionalnya ketimbang Rasionalnya.

c.    Mulai turunya kepercayaan atas peran pemerintah dalam menyelesaikan masalah-masalah di sector public.
Masyarakat yang ingin cepat maju maka dia cenderung egois dan lebih menggunakan Emosionalnya. Sebaliknya jika seseorang yang ingin perlahan-lahan maju maka dia bersikap Rasional dan perilakunya sangat bagus serta stabil. Seharusnya jika kita mendapatkan hasil yang bukan asli kemampuan kita, harus ada pertanyaan dalam diri sendiri bukan malah bangga.

d.  Akibat kemajuan masyarakat, terjadi perubahan tuntutan agar pemerintah memberikan pelayanan dengan lebih baik karena adanya perubahan nilai-nilai dalam masyarakat
Berkaitan dengan pelayan.

e.    Adanya fakta atau realita bahwa pelayanan yang berbasis teknologi lebih efektif dan efisien dari pada sebelumnya

3.    Dampak Kemajuan
a.    Laju komunikasi
b.    Teknologi dan informasi yang berkembang dengan cepat
c.    Meningkatnya tensi-tensi politik dan tuntutan orang trehadap pelayan yang baik adalah alasan :
·            Untuk merubah birokrasi yang lambat, lama dan berliku-liku
·            Menuju birokrasi yang cepat, efektif, efisien dan komperhensif



0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More