Wednesday, April 17, 2013

PENGERTIAN PEMBANGUNAN MASYARAKAT DESA


1.       Penyamaan Presepsi
       
2.       Apa Yang Dimaksud Dengan Pembagunan  Masyarakat Desa ?
Pembangunan masyarakat desa adalah upaya yang dilakukan secara terencana dan berkelanjutan untuk mencapai masyarakat desa yang di cita-citakan guna mencapai masyarakat sejahtera (perubahan pola hidup dan pola tingkah laku dari berfikir tradisonal menjadi masyarakat yang modern). Desa merupakan daerah otonom bedasarkan adat istiadat dan kearifa local.

3.     Mengaharus Ada Pembangunan Desa ?
Karena desa merupakan ujung tombak pemerintahan, garda terdepan dari pembangunan. Orang desa juga menginginkan pembangunan, orangd desa juga patut merasakan pembangunan
Beberapa upaya pemerintah untuk membangun desa diantara dengan IDT dan dirjen PMDPemnagunan memfokuskan kepada desa. Pembanguna desa dilaksanakan di berbagai sector. Salah satunya adalah mewujudkan pertanian yang modern Presepsi mengenai pembangunan masyarakat desa.

4.     Konsep Dasar Pembagunan Masyarakat Desa, Maksud Dan Tujuan
Para pakar yang memberikan pengertian bahwa terdapat perbedaan pemahanan tentang konsep pembangunan dari satu orang dengan orang lain, daerah satu dengan daearah lain, Negara satu dengan Negara lain. Tetapi secara umum ada suatu kesepakan bahwa :
     “ Pembangunan merupakan suatu proses untuk melakukan suatu perubahan ” (Riyadi Dan Deddy Supriyadi)
1.     Pengertian Pembangunan
      (Bintoro Tjokroamidjoyo)
    “ Pembangunan merupakan suatu proses perubahan sosial secara berencana denngan meliputi berbagai dimensi untuk mengusahakan kemajuan dalam rangka kesejahteraan ekonomi, modernisasi, kemajuan bangsa, wawasan lingkungan da bahkan peningkatan kualitas manusia untuk memperbaiki kualitas hidup.”

Masyarakat Tradisional
Masyarakat tradisional cenderung menggunaka alam seenaknya dikarenakan pengetahuannya yang masih kurang.
Oleh karena itu diperlukan adanya suatu usaha peningkatan kualitas manusia. Maka pembangunan mengajarkan kepada masyarakat akan pengetahuan masyarakat untuk mengelola alam dengan arif dan bijaksana.
Dengan membangun sarana dan prasarana pendidikan, dengan pendekatan secara keseluruhan dan peningkatan kualitas hidup.

Sondang H. Siagian :
“Pembangunan adalah sebagai suatu usaha atau rangkaian usaha”
Dalam rangaka pertumbuhan (yang tadinya tidak ada menjadi ada) dan perubahan yang berencana dan dilakukan secara sadar oleh suatu bangsa, Negara dan pemerintah menuju modernisasi dalam rangka pembinaan bangsa.
  
Ginanjar Kartasasmita :
“Pembangunan mengarah kepada proses perubahan ke arah yang lebih baik ( jika tidak lebih baik maka itu bukan pembangunan) melalui upaya yang dilakukan secara terencana”
       
        Kesimpulan :
Jadi pembangunan adalah segala upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat baik dalam konteks bidang ekonomi maupun social yang bertujuan untuk mengurangi kemiskinan tanpa merusak lingkungan atau kehidupan social.
       (Pembangunan yang merusak kehidupan social contohnya adalah pembangunan tempat prostitusi di lingkungan masyarakat)

1.     Pengertian Masyarakat
          a.     Berikut pengertian masyarakat menurut para ahli
·      Selo sumardjan :
“Orang-orang yang hidup bersama dan menghasilkan kebudayaan.”
·      Koentjaraningrat :
“ kesatuan hidup bersama yangn berinteraksi menurut suatu system adat istiadat tertentu yang bersifat continue dan terikat oleh identitas yang sama. “
·      Ralph :
“ Kelompok manusia yang hidup dan bekerja sama dalam usaha yang relative lama maupun membuat keteraturan dalam kehidupan bersama, mereka menganggap sebagai suatu kesatuan social”
         
         b.    Ciri-Ciri Suatu Masyarakat
1.     Manusia yang hidup bersama
2.     Bergaul dengan waktu yang lama dan sebagai akibat hidup bersama timbul system komunikasi dan peraturan peraturan yang mengatur hubungan antar manusia
3.     Sadar bahwa mereka merupakan suatu kesatuan
4.     Suatu system hidup bersama dan menimbulkan hubungan karena mereka meresa dirinya terikat satu dengan yang lainnya




0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More